Kerjasama Dengan Mahasiswa Kedokteran, Onecare Pontianak Gelar Bakti Sosial di Mekarsari

KalbarOnline, Pontianak – Onecare Kota Pontianak menggelar bakti sosial di Desa Mekarsari, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (1/4) kemarin.

Pada kegiatan bakti sosial tersebut turut dihadiri para relawan yang tergabung dalam Onecare Kota Pontianak.

Adapun bakti sosial tersebut digelar atas kerjasama antara Onecare bersama Forum Keluarga Mahasiswa Islam Ibnu Sina, Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Pontianak.

Seperti biasanya, acara tersebut dimulai dengan sejumlah kata sambutan yang disampaikan oleh panitia dari pihak kampus/mahasiswa. Setelah itu dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Bapak Basar, selaku Kepala Desa setempat sekaligus membuka acara tersebut.

Suasana Khitanan Yang Merupakan Salah Satu Rangkaian Kegiatan Dalam Bakti Sosial Onecare Pontianak di Mekarsari (Foto: Onecare)
Suasana Khitanan Yang Merupakan Salah Satu Rangkaian Kegiatan Dalam Bakti Sosial Onecare Pontianak di Mekarsari (Foto: Onecare)

Dalam bakti sosial ini dilaksanakan beberapa program diantaranya penyuluhan kesehatan oleh Dr Tajul Anshor dari Fakultas Kedokteran. Beliau menyampaikan terkait penyakit reumatik, baik dari segi penyebab dan penanganannya. Dalam menangani setiap penderita rematik berbeda-beda karena penyebabnya juga bisa berbeda.

Baca Juga :  Mahasiswa Berperan Penting Ikut Turunkan Stunting di Pontianak
Relawan Onecare Memberikan Bingkisan Kepada Salah Seorang Anak Peserta Khitanan (Foto: Onecare)
Relawan Onecare Memberikan Bingkisan Kepada Salah Seorang Anak Peserta Khitanan (Foto: Onecare)

Para tenaga medis juga beserta mahasiswa kedokteran yang tergabung dari semester 2,4, dan 6 yang berjumlah sekitar 40 orang ini selanjutnya mengadakan pengobatan gratis yang pesertanya merupakan masyarakat setempat.

Disela-sela pengobatan juga dilaksanakan sunatan massal yang diikuti sekitar 30 anak. Awalnya jumlah anak yang terdaftar sekitar 65 anak, namun banyak yang mengurungkan niatnya dikarenakan masih ragu atau belum siap mental.

Onecare sendiri dalam acara ini mengambil peran sebagai penyedia paket hadiah bagi anak-anak yang telah di khitan. Dengan memberi paket kemasan berupa beberapa buku tulis, snack, mie instan, dan peci, yang diharapkan dapat menghibur anak-anak yang menangis selesai di khitan. Kendati demikian para personil Onecare juga terlibat dalam proses acara ini.

Baca Juga :  Ferry Penyeberangan Bardanadi-Siantan Mulai Beroperasi Kembali Hari Ini

Acara yang selesai pada pukul 15.00 WIB ini diakhiri dengan foto bersama oleh seluruh mahasiswa dan relawan Onecare.

Mewakili mahasiswa, saudara Ihsan menyampaikan harapan kepada Bapak Mustofa sebagai pihak Onecare agar kerjasama tersebut nantinya dapat berlanjut pada program – program berikutnya. (Onecare Pontianak)

Comment