Polisi Kawal Ketat Pendistribusian Soal UN di Kapuas Hulu

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Jajaran Kepolisian di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mengawal ketat pendistribusian soal Ujian Nasional (UN) yang sudah menyebar ke seluruh kecamatan.

Saat ini, soal UN tersebut dititipkan di masing-masing Polsek di Kapuas Hulu.

“Anggota kepolisian mengawal soal hingga ke masing-masing kecamatan, karena itu merupakan dokumen negara,” kata Kapolres Kapuas Hulu melalui Kabag Ops Polres Kapuas Hulu, Kompol Joko Saswono, saat ditemui di Putussibau, Kapuas Hulu, Rabu (29/3) kemarin.

Dokumen negara itu, lanjutnya, wajib dikawal dan diamankan, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi itu menyangkut nasional.

Baca Juga :  Masyarakat Kapuas Hulu Resah Penangkapan Pekerja Kayu Oleh Aparat TNI – Polri

Kompol Joko juga mengungkapkan bahwa soal UN tiba di Putussibau pada tanggal 25 Maret lalu, sekitar pukul 19.00 WIB, yang kemudian didistribusikan ke seluruh kecamatan di wilayah Kapuas Hulu.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kapuas Hulu, Petrus Kusnadi membenarkan bahwa saat ini soal UN sudah didistribusikan ke masing-masing kecamatan.

“Untuk keamanan dokumen negara itu, sementara dititipkan di kantor Polsek di masing-masing kecamatan, kita percayakan kepada Polisi,” terangnya.

Kusnadi juga menerangkan bahwa jadwal pelaksanaan UN untuk SMK pada 3 April, dan SMA pada 10 April 2017 yaitu Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Baca Juga :  Kapuas Hulu Optimis Capai Target 70 Persen Vaksinasi Covid-19

“Meskipun sudah kewenangan provinsi untuk SMK dan SMA, kami masih membantu memfasilitasi salah satunya koordinasi tentang pengamanan dengan pihak Kepolisian setempat,” tukas Kusnadi.

Sedangkan untuk UN tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dilaksanakan pada 2 – 8 Mei yaitu Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

“Kemudian untuk ujian nasional Sekolah Dasar (SD) pada 15 – 17 Mei 2017 mendatang,” tandasnya. (Ishaq)

Comment