Innalillahi, Mantan Pangdam XII/Tanjungpura Meninggal Dunia

Mayjen TNI Toto Rinanto Soedjiman

KalbarOnline, Pontianak – Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rojiun, telah berpulang ke Rahmatullah Mantan Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Toto Rinanto Soedjiman.

Mayjen Toto menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (26/3) malam di RS Pusat Angkatan Darat Jakarta.

Informasi tersebut dibenarkan Kepala Staf Kodam XII/Tanjungpura Brigjen TNI Achmad Supriyadi yang mengungkapkan bahwa saat itu perwakilan Kodam XII/Tanjungpura sudah berada di RSPAD.

“Benar, baru aja, sekarang sudah ada perwakilan Kodam XII/Tanjungpura, Aspers sudah berada disana,” ujar Kasdam.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, almarhum menderita penyakit jantung dan sempat menderita stroke.

Mayjen TNI Toto Rinanto lahir di Garut, Jawa Barat, 12 Januari 1960. Saat ini menjabat Perwira Tinggi Khusus Kepala Staf TNI Angkatan Darat. Sebelumnya berdasarkan Keputusan Panglima TNI Nomor: Kep/693/IX/2014 tanggal 22 September 2014, tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI ditetapkan sebagai Panglima Kodam XII/Tanjungpura.

Baca Juga :  Peringati Hari TB Sedunia, Edi: Fokus Memutus Rantai Menyebarnya Virus

Mayjen Toto yang merupakan lulusan Akademi Militer 1984 ini berpengalaman dalam Korps Infanteri khususnya dalam bidang Pendidikan, Intelijen, Operasi, Logistik, dan Teritorial.

Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah TA. Pengajar Bid. Padnas Lemhanas. Ia merupakan putra dari mantan Gubernur Kalimantan Barat, Mayor Jenderal TNI (Purn) Soedjiman.

Baca Juga :  Almarhum H M Thahir Dikenal Sebagai Sosok Yang Sederhana Oleh Anaknya

Selama dalam karier militernya, Mayjen Toto juga banyak memperoleh tanda jasa yakni Bintang Kartika Eka Paksi Pratama, Bintang Yudha Dharma Nararya, Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Satya Lencana Dharma Santala, Satya Lencana Kesetiaan XXIV, Satya Lencana Kesetiaan XIV, Satya Lencana Kesetiaan VIII, Satya Lencana Seroja, Satya Lencana Wira Dharma, Satya Lencana Raksaka Dharma, dan Satya Widya Sista.

Operasi militer yang pernah diikuti antara lain Operasi Seroja Timor-Timur, Operasi DOM Irian, Operasi Pengamanan Perbatasan RI-PNG, Operasi Pengamanan Perbatasan RI-Malaysia.

Mari kita doakan beliau, semoga amal ibadahnya diterima Allah SWT, amin. (Fai)

Comment