Sutarmidji: STQ Ajang Evaluasi Kemampuan Qori dan Qoriah

STQ ke – 24 Kota Pontianak di Gelar 17 – 21 Maret 2017

KalbarOnline, Pontianak – Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke – 24 tingkat Kota Pontianak mulai digelar, yang dilaksanakan di Masjid Ba’bul Islam, Jalan Sepakat 2 Kecamatan Pontianak Tenggara, yang ditandai dengan pemukulan rebana sebagai tanda dimulainya STQ oleh Wali Kota Pontianak, Sutarmidji.

STQ ke – 24 ini digelar mulai tanggal 17 – 21 Maret 2017 yang diikuti peserta sebanyak 215 orang.

Sutarmidji berharap, melalui STQ ini ada peningkatan kualitas dalam seni baca Al Quran di kalangan qori dan qoriah tingkat Kota Pontianak. Untuk itu, ia meminta supaya psikolog maupun dokter ikut dilibatkan dalam pendampingan para qori dan qoriah sehingga mental dari para peserta lebih mantap ketika tampil, termasuk pula kesehatannya.

“Supaya setiap tahun ada progres yang baik dari para qori dan qoriah,” tuturnya, Jumat (17/3) malam.

Melalui STQ ini juga, lanjutnya, dewan hakim yang menilai para peserta bisa memberikan masukan-masukan kepada qori dan qoriah untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukannya dalam bacaan maupun hafalan. STQ ke-24 ini menjadi ajang evaluasi terhadap peningkatan kemampuan qori dan qoriah.

“Saya berharap setiap kali ada STQ maupun MTQ, selalu lakukan evaluasi. Di mana letak kesalahannya, kelemahannya dan kekurangannya, lakukan evaluasi,” sebut Sutarmidji.

Baca Juga :  Empat Raperda Siap Dibahas

Para pemenang STQ ke-24 ini akan mewakili Kota Pontianak pada STQ Tingkat Provinsi Kalbar yang akan digelar di Kabupaten Kayong Utara mendatang. Wali Kota dua periode ini berharap STQ Tingkat Provinsi Kalbar, kontingen Kota Pontianak mampu mempersembahkan hasil yang terbaik. Pihaknya tetap mengikutsertakan warga Kota Pontianak untuk berlaga di tingkat provinsi.

“Walaupun tidak juara umum, tetapi bila yang ikut serta dan tampil adalah warga Kota Pontianak itu jauh lebih puas,” tukasnya.

Dirinya menilai, kalaupun kafilah kabupaten/kota di Kalbar mengikutsertakan qori dan qoriah dari wilayah kabupaten/kota sekitarnya untuk mewakili daerahnya, hal itu dinilainya masih bisa ditolerir. Misalnya, peserta berdomisili di Kabupaten Kubu Raya ikut mewakili kontingen Kota Pontianak.

“Tetapi kalau dari luar wilayah Kalbar mewakili kabupaten/kota di Kalbar, itu sudah parah benar,” timpalnya.

Menurut Sutarmidji, Provinsi Kalbar ini dulunya terkenal dengan qori dan qoriah tingkat internasional. Oleh sebab itu, perlu dibangkitkan kembali dengan terus berupaya menampilkan qori dan qoriah asal wilayah Kalbar di tingkat nasional bahkan internasional.

“Jangan sampai ketika qori dan qoriah itu juara, begitu akan ikut di tingkat nasional, mereka tidak boleh tampil sebab bukan warga Kalbar. Kalau warga Kalbar masih boleh,” imbuhnya.

Baca Juga :  Resmi Jabat Kapolda Kalbar, Ini Penilaian Sutarmidji Terhadap Didi Haryono

Sementara Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Pontianak, Mulyadi menerangkan, dalam STQ kali ini, pihaknya mengikutsertakan dua cabang yang sebenarnya tidak diperlombakan dalam STQ, yakni cabang syarhil dan fahmil.

“Dikutsertakannya dua cabang ini dalam STQ dalam rangka persiapan untuk MTQ, sebab syarhil dan fahmil itu harus disiapkan sejak dini,” jelasnya.

Selain itu, ia berharap melalui cabang syarhil dan fahmil ini sekaligus menggiatkan kedua cabang tersebut di kalangan anak-anak supaya lebih meningkatkan kemampuannya di cabang tersebut dalam rangka menghadapi MTQ tingkat provinsi mendatang.

Mulyadi menjelaskan, hasil seleksi dari STQ Tingkat Kota Pontianak ini, pemenang pertama dan kedua khusus tilawah dewasa putra/putri akan mewakili kafilah Kota Pontianak pada STQ Tingkat Provinsi Kalbar di Kayong Utara. Sementara cabang-cabang lainnya, hanya pemenang pertama yang akan mewakili tingkat provinsi.

Pihaknya juga menjanjikan bonus bagi peserta STQ yang bisa meraih nilai di angka 98. Seperti sebelumnya, ada peserta MTQ yang meraih nilai 98 juga mendapat bonus.

“Waktu itu bonusnya mencapai Rp15 juta. Kalau tahun ini, akan kita lihat dulu berapa bonusnya,” pungkasnya. (Fat/Jim Hms)

Comment