Categories: Kubu Raya

Kabid Industri : Umumnya Pengrajin Masih Menggunakan Mesin Sederhana

KalbarOnline, Kubu Raya – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Kubu Raya mengeluhkan minimnya anggaran di bidang pengindustrian, sedangkan untuk menciptakan produk yang layak bersaing dengan pasar harus melalui tahapan-tahapan mencapai produk layak konsumsi masyarakat.

Kepala Bidang Industri, Dinas Koperasi dan UMKM Kubu Raya, Rahmad Satibi mengatakan, dalam pembinaan produk-produk industri rumah tangga untuk memenuhi standar keamanan makanan minimal memenuhi persyaratan, izin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT).

“Saat ini kita masih mengembangkan industri berbasis tanaman agro pertanian, seperti mengembangkan produk tanaman jahe, yang sebelumnya berbentuk bubuk saja, bisa menjadi minuman jahe siap konsumsi. Inilah menjadi tugas kami untuk mendampingi para usaha rumah tangga tersebut minimal dalam pengurusan perizinannya,” ucap Rahmad Satibi, di ruang kerjanya, Sui Raya, Rabu (22/2) kemarin.

Saat ini, kata Satibi mengungkapkan, pada umumnya para pengrajin produk minuman rumah tangga masih menggunakan mesin sederhana. Sedangkan untuk mencapai hasil yang maksimal memerlukan jenis mesin modern.

”Kegiatan di bidang perindustrian saat ini hanya berupa pendampingan produk-produk pengrajin masyarakat Kubu Raya, saja. Hal ini, karena terbentur dengan minimnya anggaran. Tapi walaupun dengan keadaan minim kita tetap berusaha, minimal pembinaan kita memasarkan produk-produk mereka,” ungkapnya.

Dalam peningkatan produk industri usaha kecil, Satibi menjelaskan, pihaknya telah menyusun program-program yang akan bersinergi dengan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan.

Dirinya berharap, dengan penyusunan-penyusunan program tersebut bisa sampai ke tahap Musrenbang tingkat kabupaten atau pra Musrenbang, sehingga pengembangan industri usaha kecil bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. (Ian)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Danau Empangau: Permata Tersembunyi di Bunut Hilir

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Danau Empangau, yang terletak di Kecamatan Bunut Hilir, Kabupaten Kapuas Hulu,…

3 hours ago

Mengabadikan Keindahan Alam di Bukit Penjamur: Destinasi Sunrise dan Sunset Terbaik di Kalimantan Barat

KalbarOnline, Kalimantan - Bukit Penjamur, sebuah spot menakjubkan untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam,…

3 hours ago

Bejat! Delapan Pria di Suhaid Setubuhi Gadis 15 Tahun Secara Bergiliran

KalbarOnline, Kapuas Hulu - Delapan pria di Kecamatan Suhaid, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat melakukan…

4 hours ago

Kasus Perdagangan 109 Kilogram Sisik Trenggiling Mulai Sidang

KalbarOnline, Mempawah - Pengadilan Negeri Mempawah menggelar sidang perdana perkara perdagangan sisik trenggiling sebanyak 109,54…

4 hours ago

Bapaslon Muda-Suyanto Mundur dari Jalur Perseorangan

KalbarOnline, Pontianak - Bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2024,…

4 hours ago

Wabup Wahyudi Minta Dinas Terkait Proaktif Wujudkan Kapuas Hulu Layak Anak

KalbarOnline, Putussibau - Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat membuka secara resmi rapat koordinasi kabupaten…

6 hours ago