Bupati Janji Akan Bangun Daerah Pesisir Secara bertahap

KalbarOnline, Kubu Raya – Membangun wilayah pesisir di Kabupaten Kubu Raya membutuhkan perencanaan dan konsep pembangunan yang matang dan komprehensif. Mengingat pesisir Kubu Raya sangat luas. Hampir diseluruh Kecamatan memiliki Desa pesisir yang dihuni oleh mayoritas nelayan tradisional dengan segala problematika kehidupan yang mereka hadapi.

Mulai dari kesejahteraan masyarakat, rumah tidak layak huni, akses pendidikan dan kesehatan yang terbatas. Untuk menata pesisir Kubu Raya, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali turun langsung ke lapangan untuk memastikan kebutuhan dasar masyarakat pesisir. Sebagai dasar dalam menyusun program dan perencanaan pembangunan pesisir Kubu Raya.

Hal tersebut diutarakan Rusman Ali saat mengunjungi masyarakat pesisir di Desa Sepuk Laut Kecamatan Sungai Kakap. Sebagaimana diketahui bahwa Desa Sepuk Laut merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan laut Natuna.

Baca Juga :  Nilai Terobosan Penyaluran BBM yang Dilakukan Kubu Raya Sudah Tepat, Ini Testimoni Kepala BPH Migas

“Membangun pesisir Kubu Raya ini membutuhkan perencanaan yang matang dan konsep yang jelas. Sehingga program-program kita dapat bermanfaat langsung dengan masyarakat. Daerah pesisir memiliki persoalan yang sangat kompleks, mulai dari tingkat kesejahteraan, keterbatasan akses pendidikan dan kesehatan serta rumah-rumah tinggal yang tidak layak huni,” ujar Rusman Ali.

Rusman Ali menjelaskan bahwa saat ini wilayah pesisir Kubu Raya terus dilakukan pembangunan. Mulai dari penyediaan layanan dan fasilitas pendidikan dan kesehatan. Yang secara bersama-sama melalui program SKPD terkait dilakukan pembinaan dan pendampingan terhadap para nelayan di pesisir Kubu Raya. Peogram tersebut dimaksudkan untuk semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan di Kubu Raya.

Baca Juga :  Kapal Klotok Bermuatan Orang dan Kendaraan Tenggelam di Sungai Kapuas Dusun Zakia Sungai Raya

Rusman Ali juga menjelaskan secara bersamaan dengan sistem bertahap dilakukan pembangunan dan pemukiman yang layak bagi seluruh masyarakat pesisir di Kubu Raya.

“Sejak saya jadi Bupati Kubu Raya, saya programkan untuk pembangunan pesisir Kubu Raya. Secara bertahap program terus berjalan. Dari program-program kita di daerah pesisir Kubu Raya telah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Pesisir Kubu Raya dengan konsep pemberdayaan. Sehingga hasil tangkap nelayan, bisa dikemas dan diproduksi menjadi makanan olahan dengan berbagai bentuk. Ini semua agar masyarakat kita semua meraskan penbangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat dapat meningkat, itu tujuan kita,” pungkasnya. (Ian)

Comment