Melalui Program Landak Pintar, Karolin Siap Tingkatkan Kualitas SDM

KalbarOnline, Landak – Melalui Program Landak Pintar yang tertuang dalam visi dan misi pencalonannya, Calon Bupati (Cabup) Landak, Karolin Margret Natasa mengatakan bahwa dirinya siap untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Kabupaten Landak.

Menurutnya, untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yang maju tentu dapat tercapai dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan.

“Dimana hal tersebut akan kita lakukan melalui Program Landak Pintar,” ujar Karol.

Pendidikan merupakan sektor vital dalam mengembangkan SDM, sebab pengetahuan akan diperoleh salah satunya melalui pendidikan. Orang yang tingkat pendidikannya rendah, cenderung tidak memiliki kemampuan dalam bekerja.

“Perusahaan pun pada dasarnya menyeleksi calon karyawan dilihat dari tingkat pendidikannya. Makanya Pendidikan menjadi salah satu modal utama dalam meningkatkan SDM yang berujung pada pengurangan angka pengangguran dan percepatan pembangunan di Landak,” tuturnya seperti yang dilansir dari laman antara.

Untuk itu, dalam setiap kampanye, Karolin selalu mengingatkan kepada masyarakat agar dapat menyekolahkan anak-anaknya setinggi mungkin. Bahkan tak jarang dirinya meminta para dokter yang berpartisipasi dalam pengobatan gratis dalam kampanyenya, untuk maju ke depan dan dijadikan contoh bagi masyarakat, bahwa anak-anak Landak mampu menjadi seorang dokter dan ahli dalam bidang lainnya.

Baca Juga :  Karolin Fasilitasi Pemulangan Jenazah DPT, Korban Penusukan Oknum TNI di Jakarta

Dalam upaya pengembangan SDM tersebut, lanjutnya, tidak hanya melalui pendidikan dan pengembangan keterampilan, namun ada banyak cara untuk mengembangkannya.

Selain itu, ia juga mengatakan apabila dirinya dipercayakan masyarakat menjadi Bupati Landak, ia juga akan meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Program Landak Sehat yang menitikberatkan pada Promosi Kesehatan.

“Melalui promosi kesehatan kita akan berupaya untuk menekankan pada perubahan sosial, pengembangan lingkungan, pengembangan kemampuan individu dan kesempatan dalam masyarakat, dan merubah perilaku individu, organisasi dan sosial untuk meningkatkan status kesehatan individu dan masyarakat itu sendiri,” paparnya.

Mantan Anggota DPR RI ini juga menjelaskan bahwa promosi kesehatan di Indonesia telah mempunyai visi, misi dan strategi yang jelas, sebagaimana tertuang dalam SK Menkes RI No. 1193/2004 tentang Kebijakan Nasional Promosi Kesehatan.

Baca Juga :  Cornelis Jadi Lansia Pertama yang Divaksin Corona

Seperti diketahui, visi, misi dan strategi tersebut sejalan dan bersama program kesehatan lainnya mengisi pembangunan kesehatan dalam kerangka Paradigma Sehat menuju visi Indonesia Sehat.

“Untuk mewujudkan Indonesia Sehat itu, tentu harus dimulai dari daerah. Jika didaerah masyarakatnya sudah sehat, tentu mencapai Indonesia Sehat bukan hal yang mustahil, untuk itu sebagai pemerintah daerah, kita akan memaksimalkan hal ini, menuju Landak Sehat,” tukas Karolin.

Karolin yang juga menjabat sebagai Ketua Pemuda Katolik Republik Indonesia ini menambahkan bahwa dalam penjabaran visi, ia juga akan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dengan Program Landak Kerja.

“Ini juga akan menjadi program strategis saya dan wakil saya, Pak Herculanus Heriadi untuk meningkatkan penyerapan lapangan kerja baru. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan membuka keran investasi dan berbagai pelatihan dalam menciptakan lapangan kerja baru, tentu kita akan bekerja sama dengan berbagai pihak dalam mewujudkannya,” tandasnya. (Manto)

Comment