Categories: Kubu Raya

Berita Hoax Beredar Merupakan Upaya Memelintir Kebenaran

KalbarOnline, Kubu Raya – Berita hoax atau berita yang sangat diragukan kebenaranya yang beredar luas di media sosial ternyata sangat meresahkan masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di Kabupaten Kubu Raya.

Terkait dengan hal tersebut, Ketua Komisi IV DPRD Kubu Raya, Yohanes, mengatakan bahwa informasi dari media massa adalah informasi yang sangat akurat, sedangkan berita hoax adalah berita yang  sengaja dibuat oleh orang-orang yang tak bertanggungjawab, sehingga meresahkan masyarakat.

“Berita Hoax dan berita yang berasal dari media sosial akan sangat bertolak belakang. Karena media massa mempunyai sumber resmi. Dan merupakan berita yang berasal dari fakta di lapangan. Selain itu Berita dari media massa telah teruji kebenarannya, sedangkan berita hoax adalah berita yang sengaja dibuat keliru oleh oknum-oknum tertentu untuk membuat masyarakat resah, khususnya masyarakat yang ada di Kabupaten Kubu Raya,” kata pria yang juga menjabat sebagai Dewan Pembina Majelis Adat Budaya Tionghoa, di Sui Raya, belum lama ini.

Dirinya mengimbau agar masyarakat harus cerdas dalam mencermati setiap berita yang beredar di masyarakat, baik itu secara lisan ataupun di media-media sosial yang sumbernya belum ada kepastian untuk sebuah kebenaran dalam suatu berita.

“Saya minta masyarakat cermati secara cerdas dengan akal sehat, untuk menilai kebenaran dari suatu berita. Dan Masyarakat juga jangan cepat terpengaruh serta cepat mengambil kesimpulan, terhadap berita hoax yang dapat meresahkan dan merugikan diri pribadi dan masyarakat secara umumnya,” pungkasnya. (Ian)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Peringati Hari Kartini, PLN Beri Santunan untuk 30 Muslimah Tangguh di Kalimantan Selatan

KalbarOnline, Banjarbaru - Dengan semangat memperingati Hari Kartini 2024, PT PLN (Persero) Unit Induk Penyaluran…

6 hours ago

Harisson Tegaskan Tidak Akan Maju Pilkada 2024

KalbarOnline, Pontianak - Di tengah ramainya isu sejumlah penjabat kepala daerah di beberapa provinsi dan…

9 hours ago

Atlet PPLP Kalbar Raih Prestasi Terbaik di Ajang Atletik Internasional Dubai

KalbarOnline, Pontianak - Atlet binaan kawah candradimuka Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pelajar (PPLP) Dinas Kepemudaan,…

10 hours ago

Pasar Bodok Membara, 25 Ruko Luluh Lantak Dalam Semalam

KalbarOnline, Pontianak - Kebakaran hebat menghantam Pasar Bodok, Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Jumat…

12 hours ago

Hendak Tawuran, Empat Remaja di Pontianak Diamankan Polisi

KalbarOnline, Pontianak - Polisi mengamankan empat remaja berinisial FB (17 tahun), HP (17 tahun), RF…

17 hours ago

Dua Pria Kubu Raya Ditangkap, Hendak Edarkan 45 Paket Sabu ke Para Nelayan

KalbarOnline, Kubu Raya - Dua pria asal Kubu Raya, SS (31 tahun) dan AL (33…

18 hours ago