Jaksa Agung RI Resmikan Gedung Baru Kantor Kejati Kalbar

Tampak Depan Gedung Baru Kantor Kejaksaan Tinggi Kalbar (Foto: Ist)
Tampak Depan Gedung Baru Kantor Kejaksaan Tinggi Kalbar (Foto: Ist)

KalbarOnline, Pontianak – Jaksa Agung Republik Indonesia, HM Prasetyo meresmikan gedung baru Kantor Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat, di Jalan Ahmad Yani Pontianak yang berdampingan dengan rumah jabatan Gubernur Kalbar.

Pembangunan gedung baru kantor Kejati tersebut menghabiskan dana sebesar Rp92,2 miliar dengan masa pembangunan mulai dari tahun 2013 sampai penghujung 2016.

Kejagung RI, HM Prasetyo dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan dibangunnya gedung baru yang megah ini, maka harus berbanding lurus dengan kinerja aparatur penegak hukum.

“Tentunya ini akan menjadi tumpuan harapan masyarakat dan menjadi pilar penting dalam supremasi penegakan hukum di Kalbar,” ujarnya.

Sementara itu, Kajati Kalbar, Warih Sadono di Pontianak, mengatakan bahwa Gedung Kejati Kalbar dibangun di atas tanah hibah Pemprov Kalbar yang sebelumnya adalah Gedung Juang Kalbar, dan sebagai gantinya Gedung Kejati sebelumnya di Jalan Subarkah dihibahkan kepada Gedung Juang Kalbar.

Gedung baru Kejati Kalbar dibangun selama empat tahun anggaran, yakni sejak tahun 2013 hingga 2016 dan dirintis oleh enam masa Kajati Kalbar, yakni Faedhoni Yusuf tahun 2011, kemudian Kajati Tyas Muharto, M Jasman Pandjaitan, Resi Anna Napitupulu, Godang Riadi dan Warih Sadono.

Gedung baru Kejati Kalbar, lanjutnya, dibangun empat lantai di tanah seluas 7.701 meter persegi. Gedung empat lantai tersebut dibangun dalam empat tahap, yakni tahap pertama sebesar Rp16,5 miliar, tahap dua Rp16,1 miliar, tahap tiga 27,8 miliar, dan tahap empat sebesar Rp31,6 miliar atau dengan total anggaran sebesar Rp92,2 miliar.

“Selain daripada itu, juga diresmikannya pembangunan gedung baru Kejari Sanggau di Entikong sebagai dampak dari pelebaran Jalan Nasional Entikong, untuk sementara menyewa di rumah toko sambil menunggu penyelesaian pekerjaan,” katanya.

“Diharapkan dengan gedung yang baru, maka bisa memberikan pelayanan maksimal dalam bidang pelayanan hukum bagi masyarakat Kalbar,” tandasnya.

Gubernur Kalbar, Cornelis mengucapkan selamat atas diresmikannya Gedung Kejati Kalbar yang kini berada di jalan protokol.

“Mudah-mudahan dengan diresmikannya gedung baru tersebut, maka ke depannya kinerja kejaksaan semakin lebih baik lagi,” tukas orang nomor 1 (satu) di Kalbar ini.

Turut hadir dalam peresmian tersebut yakni Forkopimda Kalbar, Kepala Kejari se Kalbar serta para tamu undangan lainnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar