Jelang Perayaan Tahun Baru Imlek 2568, Pemkab Mempawah Gelar Pasar Murah

Ilustrasi Pasar Murah (Foto: Ist)
Ilustrasi Pasar Murah (Foto: Ist)

KalbarOnline, Mempawah – Guna meringankan beban masyarakat kurang mampu dalam menyambut tahun baru Imlek 2568, Pemerintah Kabupaten Mempawah menggelar kegiatan pasar murah.

Program yang dilaksanakan Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Mempawah itu akan menyasar 13 desa di enam kecamatan di Kabupaten Mempawah.

“Sasaran program ini membantu dan meringankan beban masyarakat tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan konsumsinya,” terang Kepala Bidang Kepala Bidang Perdagangan Disperindagker Mempawah, Lely Harminsih, di sela kegiatan pasar murah di Sungai Purun, Kecamatan Segedong, Rabu (18/1).

Lely menjelaskan kegiatan pasar murah telah dimulai sejak Selasa (17/1) lalu. Diawali dari Kecamatan Siantan dan akan berlanjut ke kecamatan lainnya di Kabupaten Mempawah. Keseluruhan, pihaknya menargetkan pasar murah digelar di 13 desa di enam kecamatan.

Ia mengungkapkan dalam kegiatan pasar murah setiap kepala keluarga tidak mampu akan mendapatkan satu paket bahan makanan pokok. Untuk mendapatkan paket tersebut, kepala keluarga bersangkutan harus membawa kupon yang sebelumnya telah dibagikan oleh petugas.

Untuk menentukan siapa warga tidak mampu yang berhak mendapatkan kupon, Lely menyebut pihaknya bekerja sama dengan yayasan, pengurus kelenteng, atau ketua rukun tetangga setempat.

“Karena kami beranggapan mereka lebih tahu dengan kondisi masyarakatnya,” tuturnya.

Setiap kepala keluarga, Lely menjelaskan, hanya boleh mendapatkan satu kupon yang dapat digunakan membeli paket sembako murah. Setiap paket terdiri atas tujuh jenis bahan pokok, yakni beras, gula, kacang tanah, minyak goreng, susu, tepung, dan mentega. Harga paket telah disubsidi pemerintah daerah sehingga setiap paket hanya dihargai Rp51 ribu.

“Sedangkan harga normal di pasar sebesar Rp136 ribu,” terangnya.

Lely juga menyampaikan bahwa penyaluran bahan makanan pokok tidak dilakukan hanya melalui pasar murah. Pihaknya juga melakukan aksi dari pintu ke pintu guna mengantarkan langsung paket sembako murah tersebut ke rumah warga tidak mampu yang jauh dari titik kegiatan. Apalagi jika diketahui warga tersebut terkendala sarana transportasi.

“Ada yang langsung kita antarkan ke rumahnya. Bahkan, ada beberapa warga yang benar-benar kesulitan ekonomi, kita berikan paket sembako tersebut secara gratis. Karena tujuan utama dari program sembako murah ini untuk membantu masyarakat tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumsinya,” tukasnya.

Lely juga mengungkapkan bahwa program pasar murah tersebut sangat disambut antusias oleh warga. Saking tingginya animo, banyak warga yang tidak mendapatkan kupon juga ikut mengantre. Menyikapi hal itu, pihaknya memberikan penjelasan tentang prosedur dan sasaran kegiatan pasar murah.

“Mudah-mudahan semua jadwal pasar murah berjalan dengan baik dan lancar,” harapnya.

Salah seorang warga peserta pasar murah, Susanti, mengaku senang dengan adanya program tersebut. Menurutnya, masyarakat memang membutuhkan sembako dengan harga murah menjelang perayaan Imlek.

“Dengan adanya sembako murah ini sangat membantu meringankan beban masyarakat seperti kami ini. Mudah-mudahan kegiatan sembako murah ini dapat terus dilaksanakan dan lebih ditingkatkan lagi di masa mendatang,” tuturnya. (Lis)

Tinggalkan Komentar