Upacara Bendera Sebagai Penghormatan Kepada Simbol Negara

Suasana Kegiatan Upacara Bendera SDN 2 Lanjak (Foto: Ishaq)
Suasana Kegiatan Upacara Bendera SDN 2 Lanjak (Foto: Ishaq)

Pelaksanaan Upacara Bendera di SDN 2 Lanjak Kecamatan Batang Lupar

KalbarOnline, Kapuas Hulu – Upacara Bendera yang digelar pada setiap hari Senin merupakan agenda rutin yang dilaksanakan oleh setiap tingkatan sekolah baik SD, SMP, maupun SMA sederajat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh SDN 2 Lanjak Kecamatan Batang Lupar, Kabupaten Kapuas Hulu yang melakukan upacara bendera dengan menghadirkan dari pihak Polsek Kecamatan Batang Lupar selaku Pembina Upacara.

Dalam sambutannya, Bripka Winton Situmorang mengatakan bahwa makna dari upacara yang dilaksanakan yaitu penghormatan terhadap simbol-simbol negara, seperti Bendera Merah Putih, Pancasila, UUD 1945 dan lain sebagainya, yang berarti juga menghormati negara RI.

“Walaupun kita berada di wilayah perbatasan dan jauh dari perkotaan, tapi kita harus bangga bisa melaksanakan upacara bendera dengan hikmad seperti daerah lainnya serta rasa nasionalis kita tetap harus tertanam didalam lubuk hati kita, dimanapun kita berada. Jangan kendor semangat akan kecintaan terhadap NKRI. Kita juga harus bisa aplikasikan atau paraktekkan dalam kehidupan kita sehari-hari, seperti disiplin waktu di sekolah baik saat mulai masuk sampai pulang sekolah,” tutur Winton.

Selain itu Winton menambahkan bahwa disiplin dalam pelaksanaan upacara bendera yang dilaksanakan saat itu, juga untuk melatih disiplin baik dalam baris-berbaris, mengikuti aba-aba dari pemimpin upacara sehingga pelaksanaan upacaranya bisa berjalan tertib.

“Itulah salah satu makna dari pelaksanaan upacara bendera kita pada pagi hari ini, sehingga kita bisa memaknai simbol-simbol negara serta menegakkan aturan dan disiplin baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, kepada siswa-siswi SDN 2 Lanjak diharapkan dapat memaknai simbol-simbol negara kita serta dapat menjalankan kedisiplinannya baik di sekolah maupun di luar sekolah,” harap Winton. (Ishaq)

Tinggalkan Komentar