Basarnas Siagakan Pasukan

KalbarOnline, Pontianak – Dalam rangka menyambut Hari Raya Natal dan tahun baru 2017 Basarnas Pontianak Kalbar menggelar apel bersama di halaman Kantor Basarnas, Kabupaten Kubu Raya, beberapa waktu lalu. Adapun komponen yang dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya tersebut para pegawai SAR, serta  Alut (alat utama) pendukung operasi SAR.

Kepala Badan Basarnas Pontianak Slamet Riyadi, SH juga melakukan penyematan pita secara simbolis kepada pegawai SAR. penyematan pita ini menandakan dimulainya operasi Kesiapan siaga Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2017 di wilayah kerja Kantor Basarnas.

“Basarnas akan mengedepankan sikap Responsif, Militan dan Santun dalam setiap pelaksanaan operasi SAR,” katanya di Sui Raya ditemui setelah melaksanakan apel kesiagaan menyambut Natal dan Tahun Baru 2017.

Dirinya mengungkapkan bahwa sasaran pengamanan Hari Raya Natal dan tahun baru 2017 kali ini kantor SAR Pontianak menfokuskan pada semua transportasi baik darat, laut dan udara. Selain itu tempat- tempat hiburan masyarakat, Pantai, tempat pemandian dan tempat- tempat yang menjadi tujuan masal masyarakat.

“Untuk darat Basarnas akan melakukan patroli setiap harinya dengan kekuatan satu truck berisi peralatan evakuasi dan satu unit mobil komunikasi yang mampu menghubungkan sampai keseluruh wilayah Indonesia. Sedangkan untuk laut dan sungai Basarnas menyiagakan Satu Kapal RB 214 (36M), satu kapal KN-417 (12M) dan tiga unit Rigit Inflatable Boat ( RIB ) dan membuat Posko terpadu di bandara Supadio untuk mengantisipasi hal- hal yang tidak diinginkan dalam moda transportasi udara,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya menuturkan kesiagaan setiap personil dan Alut yang dimiliki Basarnas siap sedia diberangkatkan setiap waktu demi memberikan pelayanan dalam jasa pencarian dan pertolongan SAR bagi masyarakat khususnya Kalimantan Barat. (Ian)

Tinggalkan Komentar