Polres Sintang Pastikan Kesiapan Personel Pengamanan Natal dan Tahun Baru

Bupati Sintang, Jarot winarno Kerahkan Ratusan Personel Pengamanan Natal dan Tahun Baru (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot winarno Kerahkan Ratusan Personel Pengamanan Natal dan Tahun Baru (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Polres Sintang beserta jajarannya yang didukung instansi terkait dan mitra Kamtibmas lainnya melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi lilin Kapuas Tahun 2016  di Mapolres Sintang, Kamis (22/12/2016) pagi.  Apel ini dalam upaya menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam perayaan natal 2016 dan tahun baru 2017 di Kabupaten Sintang.

Bertindak selaku inspektur upacara adalah Bupati Sintang, Jarot winarno. Apel ini juga dihadiri Kapolres Sintang AKBP Suharjimantoro beserta jajaran dan anggota, Ketua DPRD Sintang, Jeffray Edward, Unsur TNI, Kepala SKPD dan tamu undangan lainnya.

Apel ini digelar serentak di seluruh Jajaran Polri di Indonesia, kegiatan tersebut dilaksanakan guna untuk mengecek kesiapan pasukan yang akan melakukan pengamanan perayaan natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

Bupati Sintang Jarot Winarno dalam sambutannya menyampaikan Perayaan natal dan tahun baru merupakan moment berlibur bagi sebagian besar kalangan masyarakat di indonesia. karena itu, diprediksi akan terjadi mobilisisasi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain, serta munculnya titik konsentrasi massa ditempat tertentu, seperti, di Tempat ibadah,  tempat wisata, pusat perbelanjaan, pelabuhan, bandar udara, terminal dan tempat –tempat lainnya.

“Apel ini dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru dengan tujuan untuk mencegah dan mengatasi sebelum, selama dan sesudah perayaan natal dan tahun baru dilaksanakan, supaya tetap kondusif,” kata Bupati Jarot.

“apel ini juga untuk pengecekan akhir baik personil, sarana-prasarana dan anggaran, kita harap kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar, sehingga masyarakat mendapat dampak nyata dari pelayanan ini,” tandasnya

Kapolres Sintang, AKBP Suharjimantoro menerangkan Operasi Kepolisian terpusat ini dilaksanakan rutin setiap tahun, Polri menggelar operasi lilin 2016  selama 10 hari, sejak tanggal 23 desember 2016 s.d 1 januari 2017. Operasi ini dilakukan dengan mengedepankan tindakan preemtif dan preventif.

“Operasi Kepolisian Lilin Kapuas 2016 ini bersifat kemanusiaan yang dilaksanakan dalam bentuk Harkamtibmas dengan mengedepakan kegiatan preemtif dan preventif guna terciptanya situasi yang kondusif selama perayaan natal dan tahun baru 2017 di kabupaten Sintang,” kata Kapolres.

Sasaran prioritas pengamanan tempat ibadah, komplek pemukiman, tempat wisata,  pusat perbelanjaan, terminal, Bandar Udara, Penyebrangan Sungai (Dermaga) dan lokasi jalan rawan macet dan rawan kecelakaan.

“intinya untuk menjamin keamanan, keselamatan, kenyamanan, ketentraman dan kedamaian masyarakat dalam melaksanakan kegiatan kemasyarakatannya baik itu kegiatan ibadah mapun kegiatan liburan,” tambah Kapolres.

Kapolres menenrangkan pihaknya telah melaksanakan pengamanan jauh sebelum hari H perayaan natal, pasalnya kegiatan kemasyarakatan seperti ibadah juga ada yang dilaksanakan jauh sebelum hari H.

“tanggal 15 Desember lalu sudah ada kegiatan ibadah dan kita sudah kerakah personil untuk pengamanan,” terangnya.

Guna lebih mendekatkan pelayanan kepolisian ke masyarakat, Kapolres menerangkan pihaknya juga menambah satu  pos pelayanan dan dua pos pengamanan.

“Pos pelayanan di Simpang Lima tugu Adirpura Sintang dan Pos Pengamanan di Jalan Raya Sintang-Pontianak KM 10 Kecamatan Sungai Tebelian, dan di Jalan Kolonel Sugiono kelurahan Kapuas Kanan Hulu kecamatan Sintang,” terangnya.

Sementara lanjut Kapolres, Jumlah Kekuatan Personil yang dikerahkan secara resmi ada 120 personel, kendati demikan pihaknya tetap melibatkan Kekuatan personel semaksimal mungkin.

“personil ini yang kita tugaskan di pos-pos, namun kita tidak mau kecolongan, tetak kita libatkan kemampuan semaksimal mungkin supaya bisa menjamin masyarakat Sintang ini melaksanakan kegiatan ibadah maupun rekreasi dengan aman dan nyaman,” pungkasnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengatakan pihaknya juga sagat mendukun dan menyambut baik kegiatan kepolisian terpusat ini, kendati demikian menurutnya menjaga keamanan bukan hanya tugas aparat saja melainkan seluruh mayarakat.

“mari kita semua bersinegri, bersama-sama menjaga situasi tetap kondusif, sehingga perayaan natal dan tahun baru maupun kegiatan rekreasi dan kegiatan masyarakat lainnya berjalan dengan baik dan lancar,” ajak Jeffray. (Sg)

Tinggalkan Komentar