Desa Gemba Raya Jadi Pusat BBGRM Tingkat Kabupaten Sintang Tahun 2016

KalbarOnline, Sintang – Desa Gemba Raya, Kecamatan Kelam Permai menjadi pusat kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Sintang yang ke-13, BBGRM tingkat Kabupaten Sintang ini dibuka langsung oleh Bupati Sintang yang ditandai dengan pemukulan gong yang didampingi oleh Wakil Bupati Sintang, Ketua DPRD kabupaten Sintang, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa., dan dihadiri oleh sejumlah Pimpinan SKPD yang ada di Kabupaten Sintang, Rabu (16/11/2016).

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bulan bhakti gotong royong pada hari ini merupakan momentum untuk bersama mengingatkan tentang arti pentingnya gotong royong, kebersamaan dan saling bekerjasama atas dasar keiklasan dan ketulusan untuk kemajuan bersama.

“karena wujud gotong royong merupakan modal sosial yang memberi ruang kerjasama menyelesaikan pekerjaan yang membawa manfaat bersama,” ungkap Jarot.

Lebih lanjut kata  Jarot, gotong royong juga telah menjadi perekat di tengah segala perbedaan baik agama, suku, ras, golongan sehingga menjadi sarana untuk mempersatukan berbagai macam perbedaan.

“ sejarah membuktikan, bangsa kita menjadi besar seperti ini, tidak terlepas dari semangat gotong royong,” tegasnya.

Jarot memaparkan beberapa hal yang dapat dilakukan dalam BBGRM, misalnya pembenahan bangunan pos kamling dan perbaikan gapura, jalan desa, jalan lingkungan, gorong-gorong dan saluran drainase, melakukan rehabilitasi ringan sarana dan prasarana publik, penyerahan bantuan stimulan bibit tanam-tanaman dan sarana kontak lainnya,

Baca Juga :  Meriahkan Peringatan Hut ke-660 Kota Sintang, Bupati Jarot Buka Kegiatan Saka Tiga Festival

Sosialisasi dan penguatan kapasitas bagi kelompok perempuan, pkk, perangkat desa, BPD dan generasi muda merupakan salah satu langkah BBGRM dibentuk dan diberlakukan kepada setiap desa.

“ sebab kita harus dan terus menggali potensi gotong royong yang kita miliki sehingga dapat mengisi pemenuhan kebutuhan kita sendiri dengan tidak tergantung kepada pihak lain,” ujar Jarot.

Jarot berharap generasi muda sudah   menumbuhkan mengantongi semangat kegotong royongan sejak dini. Gotong royong adalah kerja bersama, kerja bersatu, dalam semangat kebersamaan demi mencapai kemaslahatan bersama.

“jika kita saling bergotong royong dalam kerangka kebersamaan yang berat akan terasa ringan,” kata Jarot.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa, H.Hotler Panjaitan, mengatakan bahwa kegiatan BBGRM tahun 2016 ini dipusatkan di Desa Gemba Raya Kecamatan Kelam Permai, dengan mengangkat tema yaitu bulan bhakti gotong royong masyarakat, kita dayagunakan peran lembaga kemasyarakatan desa sebagai mitra pemerintah desa. Kata Hotler

Baca Juga :  Buka Turnamen Futsal STKIP Cup III Sintang 2018, Ini Pesan Wabup Askiman

Hotler mengatakan, tujuan kegiatan BBGRM diselenggarakan guna untuk meningkatkan semangat kebersamaan antara sesama masyarakat dalam pembangunan di desa  masing-masing, sehingga swadaya masyarakat dalam pembangunan yang ada akan berdampak lebih baik lagi.

“Melalui program BBGRM ini kita bisa mengembangan desa untuk menjadi desa yang mandiri,” kata Hotler

Kegiatan pencanangan BBGRM tahun 2016 ini memiliki kegiatan seperti kegiatan kemasyarakatan yaitu perbaikan pos kamling, memperbaiki saluran irigasi, memberikan penyuluhan budaya menabung, memberikan penyuluhan kesehatan kepada ibu dan anak, memberikan penyuluhan bahaya narkoba, dan Hiv aids, memperbaiki posyandu, mengairi air bersi, perbaikan rumah ibadah, bersih-bersih WC umum, dan perbaikan drainase yang ada di lingkungan desa.

”kegiatan BBGRM ini dilaksanakan selama 1 bulan penuh yang dimulai dari hari ini,” ujar Hotler

Adapun sarana kontak yang diberikan oleh Bupati Sintang berupa 50 sak semen, Wakil Bupati Sintang berupa 25 keping seng, dan masih banyak sarana kontak lainnya yang berasal dari pimpinan SKPD kepada masyarakat untuk melaksanakan kegiatan BBGRM. (Sg)

Comment