Bupati Sintang Ajak Anak-Anak Budayakan Cuci Tangan Pakai Sabun

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.Ph, mengikuti acara cuci tangan bersama dalam rangka peringatan hari cuci tangan pakai sabun sedunia yang ke 9 tahun 2016 di Komplek Taman Kanak-Kanak Kartika VII-13 Kodim 1205 Sintang, Sabtu (22/10/2016).

Bupati Sintang mengingatkan kepada para peserta kegiatan ini tentang dampak besar dari kebiasaan baik mencuci tangan dengan sabun. “cuci tangan pakai sabun ini sederhana namun besar sekali artinya dalam meningkatkan dereajat kesehatan masyarakat Sintang,” kata dr. Jarot.

Bupati Sintang  secara aktif berinteraksi dengan sebagian besar peserta kegiatan,yang terdiri dari anak-anak itu. “jadi tangan yang kotor bisa menularkan penyakit. Sakit apa?” tanya Bupati kepada anak-anak itu.”sakit perut,” jawab anak-anak dengan nyaring. “kena cacing,” kata anak lain lagi. Suasana pun menjadi riuh.

Sambil tertawa dan mengacungkan jempol, Bupati meneruskan arahannya. “Betul. Jadi anank-anak harus mencuci tangan kalau ?” tanyanya lagi. Dengan bersemangat anak-anak menjawab,”kalau mau makan.”. Bupati memberikan tepuk tangan, mengapresiasi tanggapan anak-anak tersebut.

Baca Juga :  Pemkab Sintang Akan Buka Penerimaan Tenaga Guru Kontrak

Kemudian orang nomor satu di Sintang itu juga menerangkan kepada anak-anak kondisi lain yang mengharuskan mereka untuk mencuci tangan. “kita juga harus mencuci tangan setelah keluar dari WC, kalau habis pengan binatang atau uang,” kata Bupati. “dengan cuci tangan, itu akan menurunkan penularan penyakit yang tadi kita sebutkan,” tegasnya.

Kepada para orang tua yang juga hadir dalam acara ini, Bupati mengingatkan pentingnya menumbuhkan kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun di rumah. “mudah-mudahan kita semua ini bertekad, kita sosialisasikan kepada seluruh masyarakat Sintang, cucilah tangan pakai sabun. Meskipun murah, sederhana, ini bisa menurunkan penyakit di lingkungan kita,” pungkasnya.

Baca Juga :  Bupati Jarot Jamu Investor Untuk Sintang Makan Malam di Pendopo

Salam kesempatan itu pula, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang, dr. Harry Sinto Linoh menyampaikan bahwa angka Diare di Kabupaten Sintang  masih cukup tinggi. “angka diare kita belum pernah turun,” katanya. “bisa turun kalau kita hidup bersih dan sehat, salah satunya dengan biasa mencuci tangan pakai sabun,” tembahnya lagi.

Sinto juga menghimbau agar kebiasaan cuci tangan ini dapat menjadi perhatian semua pihak. “mohon diperhatikan betul kesehatan anak-anak kita, calon penerus kita,” katanya.

“mudah-mudahan jika anak-anak kita yang hadir disini hari ini dapat menularkan kebiasaan cuci tangan kepada orang tua dan keluarganya di rumah ya,” pesan dr. Sinto kepada anak-anak TK yang hadir.

Turut hadir dalam acara ini, Komandan Kodim 1205, Polres Sintang, Pengurus PKK Kabupaten Sintang dan beberapa tamu undangan dari forkopinda Sintang. (Sg)

Comment