Gereja Katolik St. Monthforth Stasi Jerora Satu Diresmikan

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med. Ph bersama dengan Uskup Agung Pontianak selaku Administrator Apostolik Keuskupan Sintang, Mgr. Agustinus Agus meresmikan Gereja Katolik St. Monthforth Stasi Jerora Satu, di Desa Jerora Satu Kecamatan Sintang, Rabu (19/10/2016).

Peresmian tempat ibadah tersebut ditandai dengan penandatangan prasati oleh keduanya.

Sebelumnya rangkayan acara peresmian dimulai dengan pemotongan umpang oleh Mgr. Agustinus Agus. Kemudian dilanjutkan dengan acara pembacaan laporan pembangunan gereja dan sambutan dari Bupati Sintang.

“Saya sangat bangga dengan umat Katolik. Sebagai mayoritas, umat katolik sangat menjaga persatuan dan  Kebhinekaan di Kabupaten Sintang,” kata Bupati Sintang Jarot Winarno.

“Kita hidup rukun, damai dan bersatu, dan terus bersama membangun negeri ini.,” tambahnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Sintang itu menyebutkan bahwa peresmian gereja ini menjadi indikator yang sangat baik atas pertumbuhan religiusitas masayarakat Sintang.

“ini tertuang dalam visi dan misi Pmerintah kabupate Sintang yakni mewujudkan masyarakat yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera di topang dengan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih.” Ungkapnya.

Kemudian Mgr. Agustinus Agus memimpin ibadat pemberkatan gereja yang dibangun dengan dana  lebih dari 600 juta tersebut. Gereja yang memadukan arsitektur Eropa dan motif Dayak ini berdiri megah di Jerora satu.

Dalam pesan homilinya, Mgr. Agus mengingatkan umat untuk meningkatkan hal-hal rohaninya. “Kemajuan jasmani yang ada saat ini sangat pesat. Kemajuan yang luar biasa ini harus diimbangi dengan kemajuan rohani juga,” ujarnya.

Peimpin umat Katolik keuskupan Agung Pontianak dan Keuskupan Sintang itu juga mengingatkan pada umat untuk hidup seindah gereja yang baru.

“jangan hanya mengaku Tuhan di mulut saja, tapi aplikasikan iman itu dalam perbuatan di kehidupan kita sehari-hari,” katanya.

Mgr. Agus juga mengucapkan terima kasih atas peran serta dukungan pemerintah daerah kabupaten Sintang. “terima kasih atas perhatian bapak Bupati dan  kepada pembangunan gereja dan terhadap umat katolik di Sintang ini.”

Turut hadir dalam acara ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Dra. Yosepha Hasnah, M.Si  dan Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, M.Kebing L dan sejumlah tokoh agama katolik dan juga pejabat-pejabat pemerintah kabupaten Sintang. (Sg)

Tinggalkan Komentar