Akper Sintang Wisudakan 107 Lulusan Baru

KalbarOnline, Sintang – Sebanyak 107 Orang lulusan Akademi Keperawatan (Akper) Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat Angkatan XIII Tahun Akademik 2015/2016 menjalani pelantikan dan sumpah profesi di Hotel My Home Sintang, Kamis (20/10/2016).

Pengambilan Sumpah calon perawat profesional itu disaksikan langsung beberapa pemuka agama, Civitas Akademika, Pejabat Pemerintah, Orang tua dan tamu undangan lainnya.

Direktur Akper Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat di Sintang, Suni, SE, M.Si mengatakan ikrar sumpah merupakan tahap akhir dari perjuangan para lulusan sebagai perawat yang telah mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

“pengambilan sumpah itu bertujuan untuk mengembangkan tanggung jawab profesi perawat agar pada saat terjun ke lapangan mereka betul betul memiliki komitmen menjalankan tugas secara profesional,” terangnya.

Dia juga menyampaikan Akademi yang dipimpinnya itu telah mewisuda sebanyak 1118 lulusan dari berbagai daerah.

“lebih dari 80 persen lulusan ini telah diserap oleh instansi di bidang kesehatan dan lainnya,” katanya.

Dia pun berharap kepada lulusan ke XIII Akper ini supaya  menjaga nama baik almamater dan kampus, “ Kelulusan ini merupakan proses awal dalam menghadapi dunia kerja, lekas implementasikan ilmu dan keterampilan yang telah didapat ke tengah masyarakat secara profesional, jaga nama baik alamater dan kampus,” pesannya.

Lulusan terbaik Akper Sintang Angkatan XIII tahun ajaran 2015/2016 yakni Nur Iswati dengan nilai IPK 3,60, Sartika dengan nilai IPK 3,58 dan Clara Siska dengan nilai IPK 3,52.

Sementara Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med. Ph  saat menghadari acara wisuda tenaga kesehatan ini menyampaikan ucapan selamat dan pesan kepada lulusan baru ini untuk berkarya dengan baik di kemudian hari.

Orang nomor satu di Kabupaten Sintang itu menyebutkan bahwa momentum wisuda kali ini menitik beratkan pada poin cerdas dan sehat seperti yang tertuang dalam visi dan misi Pemrintah Kabupaten Sintang saat ini.

“kehadiran para wisudawan di tengah-tengah masyarakat merupakan potensi yang sangat berharga dalam mendukung terwujudnya pembangunan daerah di Kabupaten Sintang pada masa-masa yang akan datang,” kata Jarot.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalbar, dr. Andy Jap menyampaikan harapannya kepada para wisudawan, agar semua ilmu yang telah diperoleh dapat diimplemnetasikan di kehidupan selanjutnya. “ingat, profesi keperawatan itu bukan asisten dokter, jadi bekerjalah mandiri dan profesional,” kata Andy Jap dalam sambutannya.

“tugas kita memperbaiki kualitas manusia di Indonesia, peran kita ini sangatlah penting,” kata orang nomor satu di bidang kesehatan di Provinsi Kalbar tersebut. “berkaryalah secara cerdas, dan iklas serta bekerja keraslah di masa yang akan datang,” tegas Andy lagi.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sintang, Marchues Afen dan Komandan Korem 121/Alambhanawanawai, Brigjen TNI Widodo Iryansyah diwakili oleh Perwira Hukum Korem, Mayor Chk. Suradi Sungkowatmojo berserta forkopinda Sintang lainnya. (Sg)

Tinggalkan Komentar