HUT Desa Solam Raya, Yosepha Ingatkan Penggunaan ADD Tepat Sasaran

KalbarOnline, Sintang – Warga Desa Solam Raya merayakan HUT Desa Solam raya yang ke-34 Tahun. Minggu, (02/10/2016) di Lapangan Sepakbola Solam Raya.

Perayaan HUT Desa ini dihadiri Sekretaris Daerah Sintang, Yosepha Hasnah beserta Rombongan. Kedatangan rombongan ini disambut hangat masyarakat setempat, disertai dengan Tarian Dayak dan  Reog Singo Joyo Manggolo Desa Solam Raya.

Sekretaris Daerah Sintang Yosepha Hasnah mengatakan  Solam Raya beberapa tahun silam, merupakan wilayah yang masih ditutupi hutan lebat dan semak belukar, tetapi sejak kehadiran warga transmigrasi, desa ini terus berkembang dan maju.

“Kami melihat Solam Raya sudah menjadi sentra perikanan dan pertanian serta mampu menjadi desa pendorong perekonomian,”Ujar Yosepha

Menurut Yosepha, peringatan lahirnya Desa ini layak diteruskan ditahun mendatang sebagai bentuk rasa syukur masyarakat kepada Tuhan, meningtakan rasa gotong royong dan kebersamaan, melestarikan seni budaya lokal serta menjadi hiburan bagi masyarakat.

Dijelaskannya kebijakan transmigrasi saat itu suatu upaya mengatasi persoalan penduduk di perkotaan dan meningkatkan perekonomian bagi daerah tujuan  serta pemerataan penyebaran penduduk.

“untuk itu saya harapkan, masyarakat desa Solam Raya terus berkarya dan membangun kerjasama serta menghindari konflik. Manfaatkan juga Alokasi Dana Desa untuk membangun desa dengan sebaik-baiknya serta sejalan dengan prime mover Pemkab Sintang yakni membangun dari pinggiran,”pesan Yosepha.

Baca Juga :  Pendopo Bupati Sintang Terbakar, Warga: Semoga Jadi Pertanda Alam Menyetujui Pemekaran Kapuas Raya

Suhadi Ketua Panitia menjelaskan peringatan penempatan transmigrasi dan hari ulang tahun  Desa Solam Raya penting untuk mengingatkan warga untuk terus bersama membangun solam raya.

“Kami bersyukur, warga transmigrasi sudah tinggal di desa solam raya sudah 34 tahun dengan aman dan tenang, bisa bekerja dengan lancar dan dilimpahi rezeki. Kami ingin bersyukur, semua suku yang ada di Solam Raya bisa bersatu dan bekerjasama sesuai nilai ketiga pancasila” terang Suhadi.

Kepala Desa Solam Raya, Anus menjelaskan bahwa transmigrasi di sini ada transmigrasi lokal dan dari pulau jawa. “Kehidupan masyarakat desa solam raya selama ini sangat tenang dan damai. Perbedaan yang ada harus menjadi modal untuk terus membangun desa” terang Anus.

Yanto Dole Mewakili Etnis Dayak Linoh memberikan kesaksian bahwa desa solam raya didiami masyarakat yang majemuk. Solam singkatan  dari Sokek dan Laman Natai. Raya disebut karena ada berbagai suku. “Saudara kami dari Pulau Jawa datang ke desa kami pada 1982 supaya desa kami maju dan berkembang karena mereka membawa ilmu bercocok tanam. Kami juga bisa mengikuti dan menimba ilmu bertani kepada mereka.

Baca Juga :  Wabup Askiman Pimpin Safari Natal Pemkab Sintang di Kayan

Saya juga bangga karena sejak 1982 hingga sekarang, kita hidup damai dan bisa membangun desa. Perikanan, pertanian dan perkebunan juga sudah maju, namun kami masih memerlukan bantuan dan pembangunan dari Pemkab Sintang” terang Yanto Dolek.

Sawiji Mewakili Etnis Jawa menyampaikan penyebutan transmigrasi saat ini rasanya sudah tidak sesuai karena identik dengan orang buangan. “Karena kami saat ini sudah menjadi warga solam raya. Pada 1982 datang dari beberapa kabupaten di Pulau Jawa. Pada saat itu, sama hak dan kewajiban transmigrasi lokal dan dari jawa.

Terima kasih kepada sesepuh kampung dan masyarakat lokal yang sudah menerima kami saat itu. Dulu kami minta bibit tanaman dari masyarakat lokal, untuk ditanam dan dikembangkan. Saat ini sudah maju dan berkembang.  Untuk itu, saya mengajak warga untuk mengingat situasi saat kita pertama masuk ke sini” terang H. Sawiji. (Sg)

Comment