KalbarOnline, Ketapang – Sebanyak 144 Mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Republik Indonesia (IKIP PGRI) Pontianak melakukan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa – Praktek Pengalaman Lapangan (KKM-PPL) terpadu Tahun Akademik 2017 – 2018 di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat.

Penyerahan Mahasiswa KKN PPL dilakukan oleh Wakil Rektor IKIP PGRI Pontianak Prof DR Hamid Darmadi, M.Pd kepada Bupati Ketapang melalui Asisten III Setda Ketapang, Drs Heronimus Tanam, ME, Senin (24/7) di aula ruang rapat Kantor Bupati Ketapang.

Sebelum dilakukan penyerahan, mahasiswa IKIP Pontianak ikut serta dalam kegiatan apel senin bersama Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemda Ketapang, dalam kegiatan apel tersebut mahasiswa mendapat pengarahan langsung Bupati Ketapang, Martin Rantan, SH.

Dalam arahannya, Martin Rantan menyampaikan kondisi umum mengenai Kabupaten Ketapang serta mengharapkan para mahasiswa yang melakukan KKM PPL membantu pemerintah dalam memberikan pencerahan untuk mengenal visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang.

“Saya harap dalam pelaksanaan KKM PPL hendaknya tidak hanya berupa kerja bhakti seperti membuat plang jalan, tetapi sangat efektif melakukan pertemuan dengan masyarakat memberikan pencerahan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang,” ujar Martin Rantan.

Usai apel Martin Rantan berfoto bersama serta bersalaman dengan para dosen dan mahasiswa IKIP Pontianak.

Sementara Prof DR Hamid Darmadi, usai menyerahkan 144 mahasiswa kepada Asisten III Setda Ketapang, menyampaikan bahwa peserta KKM-PPL ini merupakan putra-putri daerah Kabupaten Ketapang yang sedang menempuh pendidikan di IKIP PGRI Pontianak sesuai ketentuan, saat berada di semester VII para mahasiswa ini akan menjalani KKM-PPL dengan mengambil lokasi di daerah tempat asalnya.

“Para mahasiswa akan menjalani dua program, yakni KKM dan PPL KKM merupakan program pelatihan mahasiswa untuk mampu bekerja sama dengan masyarakat secara luas. Sedangkan PPL bersifat lebih khusus, menyangkut program praktik mengajar dengan pendampingan guru pamong dan kepala sekolah,” terangnya.

Ia juga menanbahkan jika para mahasiswa IKIP PGRI akan mengabdi kepada masyarakat Ketapang selama 6 (enam) bulan kedepan.

“Mahasiswa ini menjalani program KKM-PPL selama enam bulan sejak Juli-Desember 2017,” pungkanya. (Adi LC)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY