Wanita Alami (Foto: Ist)
Wanita Alami (Foto: Ist)

KalbarOnline, Gaya Hidup – Banyak wanita yang mencari cara untuk memutihkan wajah dengan efektif dan tanpa menimbulkan efek samping. Sebenarnya hal tersebut memang dapat terjadi, tetapi harus teratur dalam melakukan perawatan wajah.

Jika ladies inginkan yang aman, tentu harus bersabar dan telaten. Banyak sekali tips yang instan, tetapi hal tersebut belum tentu aman dan efektif.

Jika ladies menggunakan produk kecantikan yang beredar di pasaran, sebaiknya harus berhati – hati dalam memilih produk. Pasalnya, banyak produk yang mengandung bahan merkuri atau bahan lainnya yang lebih dapat memperburuk kondisi wajah, bahkan kanker kulit. Jadi ladies, pilihlah produk yang terdaftar di BPOM dan mempunyai legalitas lainnya.

Bagi ladies yang masih takut dengan produk kimia di pasaran, alangkah baiknya menggunakan bahan – bahan alami. Langkah efektif dalam memutihkan wajah adalah memenuhi kebutuhan nutrisi pada kulit wajah. Sehingga, nantinya secara alami, kulit berproduksi dan mengganti sel – sel kulit lama dengan sel kulit baru yang lebih cerah dan sehat. Mau tahu bahan alami apa saja yang bisa digunakan? Simaklah ulasannya!

Inilah cara memutihkan wajah, cocok bagi wanita dan pria

– Kulit jeruk

Jeruk tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi kulitnya pun dapat memutihkan wajah! Kulit jeruk mengandung lebih banyak Vitamin C daripada daging buahnya. Vitamin C adalah antioksidan yang berperan penting dalam memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh radikal bebas. Adapun langkah – langkah yang harus dilakukan adalah hal berikut ini :

– Keringkan kulit jeruk di bawah paparan sinar matahari hingga benar – benar kering

– Haluskan sampai menjadi butiran bubuk

– Tambahkan air pada bubuk, aduk hingga menjadi pasta

– Oleskan pasta pada wajah dan diamkan selama 15 menit atau sampai benar – benar mengering lalu bilas menggunakan air bersih

– Lakukan hal ini secara rutin 2x seminggu.

– Lidah Buaya

Tahukah anda, selain baik untuk kesehatan, lidah buaya juga baik untuk perawatan kulit. Salah satu zat yang terkandung didalam lidah buaya adalah aloesin, yaitu zat yang dapat menghambat pembentukan melanin yang menyebabkan kulit menjadi gelap. Itulah mengapa tanaman ini banyak ditemukan dalam produk – produk kecantikan. Cara memutihkan wajah menggunakan lidah buaya yakni :

– Kupas kulit lidah buaya dan pisahkan gelnya dalam sebuah wadah

– Terapkan gel lidah buaya ke seluruh wajah dan leher secara merata

– Agar meresap, diamkan selama kurang lebih 15 menit

– Kemudian, Bilaslah dengan air hangat dan keringkan wajah menggunakan handuk lembut

– Lakukan 2 (dua) kali dalam sebulan secara teratur sampai mendapatkan wajah cerah bersinar.

– lemon

Aroma yang segar dari Lemon membuatnya jadi buah favorit banyak orang. Lemon seringkali dijadikan minuman hangat yang mampu menyehatkan tubuh. Kandungan vitamin C dan asam alpha hidroksi yang terkandung didalamnya mampu menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab wajah kusam. Selain itu, lemon juga dikenal sebagai agen bleaching alami yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati. Adapun langkah-langkahnya, sebagai berikut :

– Pertama-tama peraslah lemon pada sebuah wadah

– Setelah mendapatkan sari atau air perasannya, celupkan kapas lembut ke dalamnya

– Oleskan kapas tersebut pada seluruh wajah dan leher secara merata

– Biarkan meresap selama 15 menit

– Bilas menggunakan air hangat hingga bersih

– Jangan menerapkan sari lemon pada kulit yang terluka dan teriritasi.

– Yogurt

cara memutihkan wajah selanjutnya, yakni dengan Yogurt yang merupakan bahan alami yang tidak diragukan lagi manfaatnya dalam hal merawat maupun mencerahkan kulit wajah anda. Selain baik untuk anda konsumsi secara langsung, anda dapat menggunakannya dalam daftar perawatan untuk kulit anda. Vitamin B5 yang terkandung di dalam yogurt dapat menyamarkan bintik-bintik hitam pada wajah. Tak hanya itu vitamin ini juga berperan untuk mencerahkan kulit wajah.

Kandungan asam laktat dan kalsium dalam yogurt berguna untuk melembabkan kulit wajah dan menjaganya agar tetap sehat dan terawat. Adapun langkah – langkahnya, sebagai berikut :

– Siapkan yoghurt plain atau tanpa rasa, susu dan madu murni

–  Tuangkan 1 sdm yogurt ke wadah kecil

– Tambahkan madu dan susu secukupnya

– Aduk sampai membaur rata. Aplikasikan ke seluruh wajah dan leher secara merata

– Biarkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

– Buah Pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi untuk proses regenerasi kulit. Vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan yang ada didalam buah pepaya juga mampu menutrisi dan melembabkan kulit. Inilah cara memutihkan wajah dengan pepaya :

– Pertama, bersihkan pepaya dan potonglah menjadi beberapa bagian

– Haluskan pepaya menjadi seperti masker, lalu oleskan masker pepaya pada wajah

– Biarkan meresap selama 15 menit

– Setelah itu, bersihkan menggunakan air hangat

– Lakukan perawatan ini 2 – 3 kali dalam seminggu.

– Madu

Siapa yang tidak kenal madu? Mulai dari anak-anak hingga dewasa sudah tak asing lagi dengan makanan satu ini. Madu adalah pelembab dan antibiotik alami kulit yang sekaligus dapat mencerahkan wajah dan mengangkat sel kulit mati. Madu juga berfungsi untuk menghilangkan noda bekas jerawat dan tanda – tanda penuaan pada kulit. Seperti ini caranya :

– Ambil satu sendok makan madu

– Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 – 15 menit

– Bilas dengan air hangat

– Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksim.

– Ketimun

Selain nikmat untuk lalapan, ketimun memiliki banyak manfaat bagi kulit. Selain dapat menghilangkan kantung mata, ketimun ini mampu mencerahkan wajah. Buah ini mengandung vitamin dan mineral penting yang dapat digunakan untuk mengatasi kekusaman kulit. Tak hanya itu, ketimun juga mampu menghambat pigmentasi kulit dan menghilangkan bekas jerawat. berikut cara memanfaatkannya :

– Siapkan satu buah ketimun, lalu Iris ketimun dan letakkan irisan ketimun langsung pada wajah Anda

– Biarkan selama beberapa menit agar meresap

– Bersihkan dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk lembut

– Selain cara tersebut, Anda bisa membuat ketimun menjadi masker pencerah wajah. Parutlah ketimun dan campurlah dengan madu secukupnya

– Aplikasikan masker secara merata ke wajah dan leher

– Diamkan selama 15 menit

– Bilas air hangat dan keringkan

– Lakukan perawatan ini 2 (dua) kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

– Cuka apel

Kebanyakan orang tidak menyukai cuka apel karena aroma asam yang begitu kuat tercium. Namun, tahukah anda jika asam yang terkandung dalam cuka apel dapat membantu regenerasi kulit yang baru dan mengikis sel kulit mati. Tidak hanya itu, cuka apel juga dapat mengurangi minyak berlebih dan mengurangi peradangan pada kulit. Adapun langkah – langkahnya adalah sebagai berikut :

– Campurkan 5 ml cuka apel dengan 95 ml air

– Celupkan kapas pada larutan tersebut

– Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit

– Bilas dengan air hangat

– Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu.

– Bengkoang

Bengkoang mengandung vitamin C dan B1 yang dapat membantu memutihkan dan mencerahkan kulit. Oleh sebab itu, banyak produk pemutih kulit dipasaran yang menggunakan bengkoang sebagai bahan utama. Cara memutihkan wajah menggunakan bengkoang adalah sebagai berikut :

– Siapkan bengkoang secukupnya, lali kupas kulitnya dan cuci bersih

– Haluskan bengkoang dengan memarutnya atau diblender

– Kemudian, ambil airnya

– Diamkan beberapa jam sampai membentuk endapan

– Manfaatkanlah endapan itu sebagai masker dengan menerapkannya langsung pada wajah secara merata

– Biarkan sampai mengering kurang lebih selama 15 menit

– Bilas menggunakan air dingin dan keringkan

– Lakukan perawatan secara rutin 2 (dua) kali dalam seminggu.

– Beras

Sudah dari dulu, beras dipercaya untuk mencerahkan wajah dan mengatasi permasalahan pada wajah. Asam ferulic dan allantoin pada beras bisa melindungi kulit dari kerusakan sekaligus mencerahkannya. Jangan buang air sisa pencucian beras karena air tersebut sangat efektif dalam mencerahkan wajah. Tuangkan air beras pada sebuah wadah dan biarkan mengendap. Endapan yang terbentuk dari air cucian beras dapat digunakan sebagai masker wajah. Jika sudah terlihat endapan, maka lakukanlah langkah berikut :

– Campur 4 sendok makan beras dengan air dingin pada sebuah wadah

– Kocok wadah tersebut sampai airnya berwarna putih

– Celupkan kapas pada air beras tersebut

– Oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 – 30 menit

– Basuh wajah dengan air bersih lalu keringkan dengan handuk.

Demikianlah cara – cara memutihkan wajah dengan bahan – bahan alami yang bisa dipraktikkan sendiri di rumah. Jangan ragu untuk share artikel ini ke teman – teman kalian ya. (Fai)

Print Friendly, PDF & Email

LEAVE A REPLY